Selasa, 26 Januari 2010

Menyimpan Semua Halaman Web Secara Otomatis

Teman-teman pasti sudah tau caranya bagaimana menyimpan sebuah halaman web ke komputer atau laptop yaitu dengan cara klik File - Save Page As… satu persatu halaman web dari situs tersebut.

Ia sih caranya seperti di atas sangat mudah tapi bagaimana kalau kalian ingin menyimpan semua halaman web dari sebuah situs tersebut apakah dengan cara Save Page As …bisa dilakukan? Jawabannya bisa, namun kita agak kerepotan aza karena terlalu banyak halaman yang harus kita simpan secara manual tersebut.

Gimana kalau ada cara yang lebih gampang! Kalian mau ga'?

Kalau mau kalian bisa simpan seluruh halaman web dari sebuah situs secara otomatis dengan menggunakan software Pagenest Free Edition dan bisa kalian download di Situs Resmi Pagenest (GRATIS)

File installernya hanya 1.77 Mb, dengan software pagenest ini, kita dapat menyimpan seluruh halaman web ke komputer sehingga dapat menghemat waktu browsing dan tentunya menghemat biaya.

Tapi biasanya saya gunakan software ini untuk menyimpan halaman web bloh saya agar saya mempunyai arsip seluruh postingan blog saya tadi.


Cara Penggunaan Pagenest

1. Install dulu Pagenest

2. Setelah kalian install maka akan muncul window yang menanyakan setting koneksi Internet Anda. Isikan sesuai setting koneksi internet anda saat ini bisa kalian lihat di:


Mozilla Firefox: Tool - Options - Advanced - Network - Setting

Internet Explorer: Tool - Internet Options - Connection - LAN Setting (jika memakai proxy).
Opera: Tool - Preferences - Advanced - Network - Proxy Servers (jika memakai proxy).



Kalau kalian tidak tau cara mensettingnya biarkan saja pada saja pada posisi awal yaitu I use broadband, or another permanent conection dan bila ingin merubahnya kalian bisa merubahnyamelalui Tab Option


3. Pada menu Options, tab General, Kalian bisa men-setting seolah-olah Pagenest adalah browser-browser terkenal pada saat mengunjungi web site yang akan di-copy atau backup ke komputer. Coba pilih Firefox.

4. Pada window Pagenest, pilih New - Custom

Isilah dengan data-data situs yang ingin di download :
Address of the site : Isikan alamat URL web yang akan di-copy ke komputer.

Contoh: http://de2azhar.blogspot.com

Name Of The Site: Isikan nama yang ingin kalian gunakan untuk situs tersebut

Contoh : Sharing Information

Category : Pilih sesuai keingin kalian
Fordel to donwnload the site info: pilih folder untuk menyimpan halaman web tadi dengan cara klik Select


5. Klik Download

File: Jumlah file total
To Do: Jumlah file yang akan di-download
Pause Untuk Istirahat Download
Pause & Parse : Untuk menghentikan download dan menyimpan web site tersebut ke komputer Anda. Tunggu beberapa saat, setelah itu Anda dapat membuka file seluruh isi website yang di-download secara offline tanpa terkoneksi internet.



Selamat mencoba! Semoga Bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar