Kamis, 26 November 2009

Ilmu Jiwa Belajar


BAB I


PENDAHULUAN






A. Latar Belakang


Belajar merupakan suatu aktifitas psikis atau mental yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan, yang menghasilkan dalam diri seorang anak, baik dalam pemahaman, keterampilan dan nilai sikap. Perubahan itu relatif konstan dan terbatas. Perumusan itu berlaku bagi segala macam kegiatan belajar dan tidak terbatas pada salah satu bentuk tertentu. Setiap kegiatan belajar akan menghasilkan suatu perubahan pada anak.



Terjadinya perubahan tersebut karena adanya pertumbuhan dan perkembangan. Untuk itulah kami membuat makalah yang berjudul "pertumbuhan dan perkembangan dalam belajar anak".




B. Tujuan Penulisan


Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah :


1. Untuk memenuhi sebagian tugas yang diberikan


2. Untuk mengembangkan pemikiran ilmu pengetahuan


3. Untuk mengetahui lebih dalam tentang ilmu jiwa belajar yang berkenaan dengan hubungan pertumbuhan dan perkembangan dalam belajar anak.


4. Tambahan ilmu pengetahuan bagi kami semua.





C. Batasan Masalah


Untuk lebih mengarahkan pembahasan pada judul yang dikemukakan, maka kami memandang perlu untuk membuat batasan masalah. Adapun batasan pada makalah ini adalah:


1. Hubungan pertumbuhan dalam belajar anak


2. Hubungan perkembangan dan belajar anak.




D. Metode Penulisan


Metode penulisan pada makalah ini adalah:


1. Library Research atau kepustakaan


2. Empiris atau pengalaman-pengalaman kami














BAB II



PEMBAHASAN






A. Hubungan Pertumbuhan Dalam Belajar Anak


Tumbuh adalah berbeda dengan berkembang. Pribadi yang tumbuh mengandung arti yang berbeda dengan pribadi yang berkembang. Oleh karena itu dibedakan antara pertumbuhan dan perkembangan.


Disini pertumbuhan khusus dimaksudkan bagi pertumbuhan dalam ukuran-ukuran badan dan fungsi-fungsi fisik yang murni. Dalam pribadi manusia, baik yang jasmaniah maupun rohaniah, terdapat dua bagian yang berbeda sebagai kondisi yang menjadikan pribadi manusia berubah menuju kearah kesempurnaan.


Arti pertumbuhan pribadi sebagai perubahan kuantitatif pada material pribadi sebagai akibat adanya pengaruh lingkungan. Material pribadi seperti sel, kromosom, butir darah, rambut, lemak, tulang adalah tidak dapat di katakan berkembang, melainkan bertumbuh.


Oleh karena itu, dalam belajar anak pertumbuhan merupakan hal penting untuk dapat mencapai suatu pengertian. Tanpa pertumbuhan proses belajar anak akan terhambat, karena material pribadi masih belum tumbuh dengan sempurna.




B. Hubungan Perkembangan Dalam Belajar Anak


Perkembangan menunjukkan suatu proses tertentu, yaitu proses yang menuju ke depan dan tidak dapat di ulang kembali. Dalam perkembangan manusia terjadi perubahan-perubahan yang sedikit banyak bersifat tetap dan tidak dapat di ulangi. Perkembangan menunjukkan pada perubahan-perubahan dalam suatu arah yang bersifat tetap dan maju.


Perkembangan berhubungan dengan masalah keemasan (manuration) latihan dan proses belajar. Hal ini juga mempengaruhi keadaan motif yang ada pada individu.


Dalam belajar perkembangan anak sangatlah penting. Jika seorang anak sudah memiliki kemampuan-kemampuan dalam belajarnya, maka guru dapat meningkatkan perkembangannya lagi, yaitu:



  1. Perkembangan sosialnya


Yaitu perkembangan pada diri anak untuk meningkatkan tingkah laku yang lebih baik.



  1. Perkembangan perasaannya


Yaitu perkembangan suatu keadaan kerohanian



  1. Perkembangan motorik nya

  2. Perkembangan bahasanya


Yaitu perkembangan cara bicara anak.



  1. Perkembangan berpikir


Yaitu perkembangan daya jiwa yang dapat meletakkan hubungan-hubungan antara pengetahuan anak.



  1. Perkembangan dalam pengamatan

  2. Perkembangan kesulitannya/religius nya

  3. Perkembangan tanggapan, fantasi

  4. Perkembangan dalam mengambil keputusan

  5. Perkembangan perhatiannya
























BAB III



PENUTUP






A. Kesimpulan


Dari uraian diatas dapat di simpulkan bahwa:


1. Perkembangan dan pertumbuhan mempunyai perbedaan dalam belajar anak, namun sama-sama mempunyai peran penting bagi anak dalam belajar


2. Dalam belajar hubungan pertumbuhan dan perkembangan dapat menentukan peran anak.


3. perkembangan belajar anak dapat dikembangkan lebih sempurna baik dari segi sosial, bahasa, berpikir dan lain-lain.




B. Saran-Saran



  1. Dalam belajar anak sebaiknya perlu diperhatikan pertumbuhan dan perkembangannya

  2. Seharusnya pertumbuhan dan perkembangan dalam belajar anak agar lebih di tingkatkan lagi

  3. Dalam mendidik pertumbuhan dan perkembangan jangan terlalu memaksa pada anak karena berakibat buruk.






DAFTAR PUSTAKA





Drs. H. Abu AHmadi dan Drs. WIdodo Supriyono, Psikologi Beljara, Solo, 2003



DRs. H. Abu Ahmadi dan Dra. Nurulabiyati, Imu Pendidikan, Semarang, 2001



Drs. H. Abu AHmadi, Psikologi Umum, Jakarta, 2003



Drs. Noehi Nsution, M.A, Dkk, Psikologi Pendidikan Modul I sampai 6, Jakarta, 1998h

1 komentar:

  1. ma'af sobat mengganggu nich...ada pengumuman tentang kontes seo. yu' ikut meramaikan, terimakasih :D805
    http:www dot indositehost.com/kontes-seo.php

    BalasHapus